PEMERINTAH PROVINSI KEPULAUAN RIAU
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 3 SENAYANG
Jl. Pendidikan Desa Rejai, Kec. Bakung Serumpun, Kab. Lingga, Kepulauan Riau
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL)
BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Komponen | : | Layanan Dasar |
Bidang Layanan | : | Sosial |
Topik / Tema Layanan | : | 3 Kata Penting (Maaf, Tolong, Terima kasih) |
Kelas / Semester | : | 10 / Ganjil |
Alokasi Waktu | : | 2 x 40 menit |
A. | Tujuan Layanan Peserta didik/konseli mampu menjelaskan makna pentingnya menggunakan 3 kata penting melalui cara yang ia pilih sendiri (C1) Peserta didik/konseli mampu membiasakan diri mengucapkan 3 kata penting secara mandiri dalam kehidupan sehari-hari melalui praktik yang ia lakukan (A5)
|
B. | Metode, Alat dan Media 1. Metode : Ceramah, Curah pendapat dan tanya jawab 2. Alat / Media : LCD, Power Point tentang 3 Kata Penting (Maaf, Tolong, Terima kasih) |
C. | Langkah-langkah Kegiatan Layanan 1. Tahap Awal/Pendahuluan 1.1. Memberikan salam/sapaan dengan penuh semangat dan keakraban kepada peserta didik, kemudian mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdo’a. 1.2. Guru BK memberikan pengantar singkat tentang tujuan layanan Bimbingan dan Konseling 1.3. Membina hubungan baik dengan peserta didik serta membuat suasana kegiatan menjadi lebih semangat/bergairah dengan diawali ice breaking. (Mencairkan kebekuan di kelas) 2. Tahap Inti 2.1. Guru pembimbing mengajukan beberapa pertanyaan pemantik (Readiness) 2.2. Guru pembimbing menayangkan media slide power point yang berhubungan dengan materi layanan tersebut diatas. 2.3. Peserta didik memperhatikan penjelasan materi yang diberikan serta Guru BK mengajak peserta didik berdialog interaktif tentang contoh penerapannya. 2.4. Setelah itu, peserta didik memperhatikan, mengamati tampilan video yang terkait dengan “3 Kata Penting dalam Kehidupan ” 2.5. Guru BK mengajak curah pendapat dan tanya jawab setelah peserta didik melihat tayangan video tersebut untuk memastikan pemahaman siswa. (Kebutuhan Minat Belajar) 2.6. Beberapa peserta didik diminta melakukan kegiatan “Pembiasaan 3 Kata Penting” dalam kehidupan sehari-hari (aturan bermain terlampir) 2.7. Peserta didik dengan pengalaman dan penghayatannya membuat makna atau poin belajar pentingnya kegiatan tersebut diatas. 3. Tahap Penutup 3.1. Guru BK mengajak peserta didik melakukan refleksi atas kegiatan yang telah dilakukan 3.2. Guru BK mengajak peserta didik agar melaksanakan latihan pembiasan 3 kata penting dalam kehidupan. Guru BK memberi tantangan kepada peserta didik untuk mempraktikkan 3 kata penting tersebut bersama keluarga ataupun oranglain, lalu menceritakan bagaimana respon orang yang bersangkutan. Pengalaman dapat diceritakan dalam bentuk, tulisan, audio, gambar ataupun video. 3.3. Guru BK menyampaikan materi layanan yang akan datang dan mengakhiri kegiatan dengan berdoa dan salam |
D. | Evaluasi 1. Evaluasi Proses : Guru BK memperhatikan proses layanan serta melakukan refleksi dari kegiatan layanan klasikal tersebut menggunakan lembar rubrik penilaian 2. Evaluasi Hasil : Guru BK Menilai hasil produk yang dihasilkan melalui rubrik penilaian |
Lingga, 03 November 2022
Mengetahui
Kepala SMAN 3 Senayang Guru BK
Josua Ginting, S. Pd Dewi Hidayati, S. Pd. I
NIP. 19700407 199301 1 002 NIP. 19920902 201903 2 003
KEGIATAN (ACTIVITY) PESERTA DIDIK
NAMA KEGIATAN : PEMBIASAAN 3 KATA PENTING
Guru BK menyiapkan suatu benda (pena, pensil. penghapus, atau yang lainnya)
Peserta didik diminta untuk menyampaikan benda tersebut secara bergantian ke arah yang disepakati
kepada seluruh peserta didik dengan aturan :
Peserta didik yang pertama menyerahkan pertama : sebelum menyerahkan ke peserta
didik yang dituju harus diawali dengan kata “Maaf” atau “Tolong”
Kalau benda atau barang tersebut sudah diterima oleh si penerima, maka yang
menyerahkan menyampaikan kata “Terimakasih”
Seterusnya peserta didik yang kedua melakukan hal yang sama seperti peserta
didik yang pertama dan seterusnya.
Peserta didik mengikuti dan mengamati serta menghayati kegiatan tersebut, kemudian memberi
makna atau poin belajar dari kegiatan tersebut
Lembar Evaluasi Proses dan Hasil
Rubrik Penilaian
Aspek | Nilai 4 | Nilai 3 | Nilai 2 | Nilai 1 |
Proses Pembelajaran | Siswa Aktif Bertanya dan menjawab serta menampilkan wajah tertarik dan bahagia | Siswa Aktif Bertanya dan pasif menjawab serta menampilkan wajah tertarik dan bahagia | Siswa Pasif Bertanya dan menjawab serta menampilkan raut wajah biasa | Siswa Pasif Bertanya dan menjawab serta menampilkan wajah tidak bahagia |
Produk | Peserta didik menceritakan pengalamannya secara jelas dan menggambarkan kronologisnya berurutan serta menyampaikan perasaannya ketika mempraktikkan 3 kata penting pada oranglain | Peserta didik menceritakan pengalamannya secara jelas dan menggambarkan kronologisnya berurutan serta tidak menyampaikan perasaannya ketika mempraktikkan 3 kata penting pada oranglain | Peserta didik menceritakan pengalamannya secara jelas dan menggambarkan kronologisnya tidak berurutan serta tidak menyampaikan perasaannya ketika mempraktikkan 3 kata penting pada oranglain | Peserta didik menceritakan pengalamannya kurang jelas dan menggambarkan kronologisnya tidak berurutan serta tidak menyampaikan perasaannya ketika mempraktikkan 3 kata penting pada oranglain |
Strategi Penilaian
-> Saat dan setelah proses pemberian materi layanan klasikal berlangsung
Instrument Penilaian
NO | NAMA | PROSES | HASIL | TOTAL POIN |
1 |
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
Keterangan total poin:
1-2 : Nilai D
3-4 : Nilai C
5-6 : Nilai B
7-8 : Nilai A
Komentar