2# Nyaris Tanpa Sinyal dan Listrik ! Sosialisasi Rumah Belajar tetap Berjalan di Pulau Mamud

Alhamdulillah atas izin Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa Penulis masih diberi kemudahan untuk menjalankan amanah ini. Banyak cerita yang menjadikan Penulis untuk tetap kuat dan semangat walau ditengah keterbatasan yang ada dipulau tempat penulis bertugas. Kisah ini terjadi ketika Penulis melaksanakan kegiatan Sosialisasi Portal Rumah Belajar di Pulau Mamud, Kecamatan Bakung Serumpun, Kabupaten Lingga. Untuk sampai ke pulau ini Penulis menggunakan transportasi Pompong.
ketika pelajar diwilayah kota dengan mudahnya mengakses internet dan menikmati listrik disiang hari, namun tidak dengan pelajar-pelajar yang ada di Pulau Mamud. untuk mengirimkan tugas Daring, mereka harus pergi kepelabuhan untuk mendapatkan sinyal. begitu juga dengan listrik, listrik hanya hidup dari sore hingga tengah malam. Penulis mendatangi pulau tersebut dikarenakan banyaknya Pelajar yang berasal dari pulau Mamud. terlebih ada satu Sekolah Dasar yang berdiri di pulau ini. Selama pembelajaran daring, pelajar yang berada dipulau ini akan berkumpul dipelabuhan untuk mengirimkan tugas kepada guru. Mereka berkumpul dipelabuhan karena hanya dilokasi itu saja yang dapat menangkap sinyal. keberadaan pulau Mamud yang berada diantara pulau-pulau menyebabkan sinyal tidak sampai ke pulau ini.
Acara sosialisasi di hadiri oleh pihak guru dari SD setempat dan para orangtua wali murid. Penulis mengikutsertakan para orangtua wali murid dikarenakan, kalau hanya melalui guru saja sosialisasi diberikan, maka akan membutuhkan waktu yang lama agar informasi mengenai pemanfaatan Rumah Belajar ini tersampaikan kepada siswa.
Ketika Proses Sosialisasi berlangsung, walau ditempat pertemuan itu tidak ada listrik dan sinyal, penulis tidak kehabisan akal. dengan memanfaatkan stiker Rumah Belajar, Penulis memperkenalkan dan menjelaskan bagaimana pemanfaatan portal rumah belajar melalui handphone. Guru dan orang tua menyambut dengan antusias karena mengingat selama ini pelajar sudah merasa bosan dengan pembelajaran daring. diharapkan dengan adanya video-video menarik ini, semangat pelajar untuk belajar kembali lagi. Semakin banyak tantangan yang dihadapi, semakin banyak pula pengalaman kita dalam menyelesaikan masalah. Salam Semangat!
Berikut Presensi Kehadiran Walimurid pada saat kegiatan Sosialisasi:
Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia

Komentar