7# Rumah Belajar Menjadi "Teman Baru" Guru BK di Kabupaten Karimun


Dimasa Pandemi ini, pelayanan bimbingan dan konseling disekolah pun mengalami perubahan. Pada awalnya dapat membimbing siswa dengan menatap matanya, mengamati tingkahnya, dan mendengar keluh kesahnya secara langsung. Namun hanya suara dan tulisannya saja yang dapat didengar dan dilihat. Suatu kondisi yang belum terbayangkan dahulu.

Kini guru BK dituntut untuk memiliki inovasi yang sama bahkan lebih dari guru mata pelajaran yang ada disekolah. Ketika guru mata pelajaran memberikan tugas melalui daring, maka guru BK pun dituntut untuk ikut memberikan pelayanan melalui daring pula. Lalu pertanyaan nya bagaimana kah memberikan pelayanan melalui daring? Yuk sahabat kita bahas bersama.

Dengan hadirnya Portal Rumah Belajar kini sangat membantu dalam pelaksanaan bimbingan jarak jauh. Portal yang beralamat di www.belajar.kemdikbud.go.id ini pun tersedia dalam bentuk aplikasi yang dapat didownload di play store dengan nama Rumah Belajar. Portal besutan Pusdatin Kemdikbud RI ini memiliki fitur utama dan fitur pendukung. Fitur utama yang tersedia diantaranya Sumber Belajar, Bank Soal, Kelas Maya dan Laboratorium Maya. Sedangkan Fitur pendukung nya adalah Buku Sekolah Elektronik, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa dan Edugame. Selain itu diportal ini juga tersedia fitur Karya Guru, Karya Komunitas dan Karya Bahasa dan Sastra. Karya guru dapat diupload pada Blog Pena.

Bismillah.. https://forms.gle/ZsL47KFbsYVs7ws66 Nambah ilmu bareng yuk 🥰

Dikirim oleh Dewi Hidayati Malin Emas pada Sabtu, 03 Oktober 2020

Lalu bagaimana guru BK bisa memanfaatkannya?

Untuk layanan klasikal, guru BK bisa memanfaatkan kelas Maya sebagai tempat untuk memberikan berbagai informasi secara klasikal. Sedangkan untuk membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam pemahaman pembelajaran, guru BK dapat membantu siswa memberikan informasi tentang media-media pembelajaran ala millenial melalui fitur Sumber Belajar. Media pembelajaran yang tersedia di sumber belajar memenuhi kebutuhan siswa yang memiliki berbagai macam gaya belajar, baik itu visual, auditorial, dan kinestetik. Dengan media yang menarik diharapkan siswa dapat lebih memahami pembelajaran dengan maksimal.


Sebagai guru BK, juga perlu meningkat kompetensi TIK yang dimiliki. Pada portal Rumah Belajar terdapat fitur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang dapat diikuti oleh guru BK secara online. Setelah mengikuti pelatihan di portal rumah belajar ini, guru BK akan mampu menciptakan media pelayanan bimbingan konseling yang menarik dan ala millenial.

lihat video lengkapnya disini ya

Komentar