Pemikiran Kihajar Dewantara

 


Refleksi Diri Pemikiran Kihajar Dewantara

Menurut saya Pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan pengajaran yaitu

Pengajaran merupakan cara dalam penyampaian ilmu yang dilakukan kepada peserta didik

Sedangkan pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara yaitu tempat untuk menaburkan benih benih kebudayaan yang hidup dalam masyarakat, sekaligus sebagai instrumen tumbuh nya kebudayaan dalam masyarakat.

Nah, Pendidikan diyakini sebagai tuntutan dalam tumbuh kembang peserta didik.

Jadi mendidik adalah untuk menuntun segala kodrat yang ada pada peserta didik

Relevansi pemikiran Ki Hajar Dewantara menurut saya adalah bagaimana peran dan keberadaan guru sangatlah penting saat ini, walaupun banyak sekali media ajar yang berbasis teknologi, namun guru memiliki andil yang sangat besar dalam mendampingi peserta didik mencapai kebahagiaan yang setinggi-tingginya. 

Segala gerak gerik, tingkah laku dan pemikiran guru ditiru oleh peserta didik, untuk itu guru harus menjadi role model yang baik. 

Selain itu saat ini guru dituntut untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan yang luas guna dapat menuntun kodrat yang ada pada peserta didik. 

Untuk saat ini sejujur nya saya belum sepenuhnya menerapkan pemikiran kihajar Dewantara dalam proses pembelajaran. Ada banyak hal yang harus saya perbaiki. 

Harapan dan Ekspektasi

Setelah mempelajari modul ini saya berharap dapat menerapkan pemikiran kihajar Dewantara ketika saya mendidik. Menghantarkan peserta didik menjadi manusia yang bahagia dan menuntun kodrat mereka untuk bertumbuh. 

Harapan saya ketika saya telah mempelajari modul ini, peserta didik lebih sadar betapa pentingnya menuntut ilmu, memiliki perilaku baik, dan menjadi manusia yang bahagia

Saya berharap di modul ini diajarkan secara jelas step by step cara penerapan pemikiran Kihajar Dewantara

 

 

 

 

Komentar