RPL Bimbingan dan Konseling Berdiferensiasi (RPL BK Berdiferensiasi)

Lambang Kepulauan Riau - WikiwandPEMERINTAH PROVINSI KEPULAUAN RIAU

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMA NEGERI 3 SENAYANG

Jl. Pendidikan Desa Rejai, Kec. Bakung Serumpun, Kab. Lingga, Kepulauan Riau

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL)

BIMBINGAN KLASIKAL

SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Komponen 

:

Layanan Dasar

Bidang Layanan

:

Sosial

Topik / Tema Layanan

:

3 Kata Penting (Maaf, Tolong, Terima kasih)

Kelas / Semester

:

10 / Ganjil

Alokasi Waktu

:

2 x 40 menit

A.

Tujuan Layanan

  1. Peserta didik/konseli mampu menjelaskan makna pentingnya menggunakan 3 kata penting melalui 

    cara yang ia pilih sendiri (C1)

  2. Peserta didik/konseli mampu membiasakan diri mengucapkan 3 kata penting secara mandiri 

     dalam kehidupan sehari-hari melalui praktik yang ia lakukan (A5)

B.

Metode, Alat dan Media

1. Metode : Ceramah, Curah pendapat dan tanya jawab

2. Alat / Media : LCD, Power Point tentang 3 Kata Penting (Maaf, Tolong, Terima kasih)

C.

Langkah-langkah Kegiatan Layanan

1. Tahap Awal/Pendahuluan

     1.1. Memberikan salam/sapaan dengan penuh semangat dan keakraban kepada peserta didik, kemudian

 mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdo’a.

     1.2. Guru BK memberikan pengantar singkat tentang tujuan layanan Bimbingan dan Konseling

     1.3. Membina hubungan baik dengan peserta didik serta membuat suasana kegiatan menjadi lebih 

semangat/bergairah dengan diawali ice breaking. (Mencairkan kebekuan di kelas)

2. Tahap Inti

    2.1. Guru pembimbing mengajukan beberapa pertanyaan pemantik (Readiness)

2.2. Guru pembimbing menayangkan media slide power point yang berhubungan dengan materi 

layanan tersebut diatas.

     2.3. Peserta didik memperhatikan penjelasan materi yang diberikan serta Guru BK mengajak

 peserta didik berdialog interaktif tentang contoh penerapannya.

     2.4.  Setelah itu, peserta didik memperhatikan, mengamati tampilan video yang terkait dengan 

“3 Kata Penting dalam Kehidupan ”

     2.5. Guru BK mengajak curah pendapat dan tanya jawab setelah peserta didik melihat tayangan

 video tersebut untuk memastikan pemahaman siswa. (Kebutuhan Minat Belajar)

     2.6. Beberapa peserta didik  diminta melakukan kegiatan “Pembiasaan 3 Kata Penting” dalam

 kehidupan sehari-hari (aturan bermain terlampir)

     2.7. Peserta didik dengan pengalaman dan penghayatannya membuat makna atau poin belajar

 pentingnya kegiatan tersebut diatas.

3. Tahap Penutup

     3.1. Guru BK mengajak peserta didik melakukan refleksi atas kegiatan yang telah dilakukan

3.2. Guru BK mengajak peserta didik agar melaksanakan latihan pembiasan 3 kata penting 

dalam kehidupan. Guru BK memberi tantangan kepada peserta didik untuk 

mempraktikkan 3 kata penting tersebut bersama keluarga ataupun oranglain, lalu menceritakan 

bagaimana respon orang yang bersangkutan.

Pengalaman dapat diceritakan dalam bentuk, tulisan, audio, gambar ataupun video.

     3.3. Guru BK menyampaikan materi layanan yang akan datang dan mengakhiri kegiatan 

dengan berdoa dan salam

D.

Evaluasi

1. Evaluasi Proses : Guru BK memperhatikan proses layanan serta melakukan refleksi dari 

kegiatan layanan klasikal tersebut menggunakan lembar rubrik penilaian

2. Evaluasi Hasil :  Guru BK Menilai hasil produk yang dihasilkan melalui rubrik penilaian

                               

                               





                                    Lingga, 03 November 2022

Mengetahui

Kepala SMAN 3 Senayang                                                                                      Guru BK




Josua Ginting, S. Pd                                                                                              Dewi Hidayati, S. Pd. I

NIP. 19700407 199301 1 002                                                                                NIP. 19920902 201903 2 003

 

 

 

 

KEGIATAN (ACTIVITY) PESERTA DIDIK

NAMA KEGIATAN : PEMBIASAAN 3 KATA PENTING

  1. Guru BK menyiapkan suatu benda (pena, pensil. penghapus, atau yang lainnya)

  2. Peserta didik diminta untuk menyampaikan benda tersebut secara bergantian ke arah yang disepakati 

    kepada seluruh peserta didik dengan aturan :

  • Peserta didik yang pertama menyerahkan pertama : sebelum menyerahkan ke peserta 

    didik yang dituju harus diawali dengan kata “Maaf” atau “Tolong”

  • Kalau benda atau barang tersebut sudah diterima oleh si penerima, maka yang 

    menyerahkan menyampaikan kata “Terimakasih”

  • Seterusnya peserta didik yang kedua melakukan hal yang sama seperti peserta 

    didik yang pertama dan seterusnya.

  1. Peserta didik mengikuti dan mengamati serta menghayati kegiatan tersebut, kemudian memberi 

    makna atau poin belajar dari kegiatan tersebut

 

Lembar Evaluasi Proses dan Hasil

  1. Rubrik Penilaian 

Aspek

Nilai 4

Nilai 3

Nilai 2

Nilai 1

Proses Pembelajaran

Siswa Aktif Bertanya dan menjawab serta menampilkan wajah tertarik dan bahagia

Siswa Aktif Bertanya dan pasif menjawab serta menampilkan wajah tertarik dan bahagia

Siswa Pasif Bertanya dan menjawab serta menampilkan raut wajah biasa

Siswa Pasif Bertanya dan menjawab serta menampilkan wajah tidak bahagia 

Produk

Peserta didik menceritakan pengalamannya secara jelas dan menggambarkan kronologisnya berurutan serta menyampaikan perasaannya ketika mempraktikkan 3 kata penting pada oranglain

Peserta didik menceritakan pengalamannya secara jelas dan menggambarkan kronologisnya berurutan serta tidak menyampaikan perasaannya ketika mempraktikkan 3 kata penting pada oranglain

Peserta didik menceritakan pengalamannya secara jelas dan menggambarkan kronologisnya tidak berurutan serta tidak menyampaikan perasaannya ketika mempraktikkan 3 kata penting pada oranglain

Peserta didik menceritakan pengalamannya kurang jelas dan menggambarkan kronologisnya tidak berurutan serta tidak menyampaikan perasaannya ketika mempraktikkan 3 kata penting pada oranglain


  1. Strategi Penilaian

    -> Saat dan setelah proses pemberian materi layanan klasikal berlangsung

  1. Instrument Penilaian


NO

NAMA

PROSES

HASIL

TOTAL POIN

1





2






Keterangan total poin:

1-2    :    Nilai D

3-4    :    Nilai C

5-6    :    Nilai B

7-8    :    Nilai A

 

Komentar